Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X / I
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama,santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.2 Menganalisis perkembangan model atom
3.2 Mengolah dan menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber belajar
|
3.2 Menganalisis perkembangan model atom
|
· Perkembangan model atom
· Partikel-partikel sub atom
|
Mengamati
- Mengamati perkembangan model atom
- partikel penyusun atom serta hubungannya dengan nomor massa dan nomor atom.
Menanya
· Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan atom misalnya:
apa saja partikel penyusun atom?
- Bagaimana partikel-partikel tersusun dalam atom?
- Dimana posisi elektron dalam atom?
- Mengapa model atom mengalami perkembangan?
Pengumpulan data
· Melakukan analisis dan diskusi tekait dengan perkembangan model atom.
· Menganalisis perkembangan model atom yang satu terhadap model atom yang lain.
Mengasosiasi
· Menyimpulkan bahwa atom mengalami perkembangan model atom dari model atom Dalton, Thomson,dan Rutherford
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan hasil rangkuman tentang perkembangan model atom dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
|
· Menjelaskan perkembangan model atom untuk menunjukkan kelebihan dan kekurangan
· menentukan partikel-partikel penyusun atom
|
Tugas
● Membaca mengenai perkembangan mode atom, kelebihan dan kelemahannya dan membaca tentang partikel penyusun atom
● Mengerjakan latihan soal-soal mengenai model otom dan partikel penyusun atom
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai perkembangan model ato, kelebihan dan kekurangannya dan partikel penyusun atom
|
1 minggu x 1 jp
|
Buku teks kimia
Literatur lainnya
Lembar kerja
|
3.3 Mengolah dan menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum
|
- Struktur atom Bohr dan mekanika kuantum
|
Mengamati
· Mengamati struktur atom Bohr
· Mengamati struktur atom berdasarkan teori mekanika kuantum
Menanya
· Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan struktur atom, misalnya
- Mengapa muncul teori atom Bohr?
- Bagaimana struktur atom Bohr?
- Bagaimana struktur atom berdasarkan mekanika kuantum?
Pengumpulan Data
· Melakukan analisis dan diskusi tekait dengan struktur atom bohr dan teori mekanika kuantum
· Menganalisis teori mekanika kuantum dalam struktur atom
Mengasosiasi
· Menyimpulkan bahwa struktur atom ditentukan dengan teori mekanika kuantum
· Menyimpulkan adanya hubungan struktur atom Bohr dengan teori mekanika kuantum
Mengkomunkasikan
· Mempresentasikan hasil rangkuman tentang struktur atom berdasarka teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
|
· Menjelaskan struktur atom berdasarkan teori atom Bohr
· Menjelaskan struktur atom dengan menggunakan teori mekanika kuantum
· Menjelaskan kelebihan dan kekurangan teori atom Bohr dan mekanika kuantum
|
Tugas
● Membaca mengenai teori atom bohr dan teori mekanika kuantum
● Mengerjakan latihan soal-soal mengenai teori atom bohr dan teori mekanika kuantum
● Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
● Tes tertulis bentuk uraian mengenai teori atom bohr dan teori mekanika kuantum
.
|
1 minggu x 1 jp
|
· Buku teks kimia
· Literatur lainnya
· Lembar kerja
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar